Review Crashlands | Tech in Asia Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 25, 2016.

Discuss Review Crashlands | Tech in Asia Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,754
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Beberapa tahunbelakangan ini, keberadaangame survivaladventureseperti menjadisebuah genre baruyang menarik untuk diikuti perkembangannya. Sejak dipopulerkan olehMinecrafttahun 2009 silam, sejumlah developer indieberamai-ramaimemproduksigame sejenisyang intinya kurang lebih sama dengan ideyang lebih unik & belum pernah terbayangkan sebelumnya,sepertiDon’t Starve,Terraria, Risk of Rain,Mines of Mars,dan lain sebagainya.

    Crashlands buatan developer Butterscotch Shenanigans sendiri bisa dibilang merupakan pendatang baru dalam persaingangame adventure survival yg telah saya jelaskan di paragraf pertama. Supaya tampil berbeda, developer yg dikenal lewat Quadropus Rampage & Flop Rocket ini mencoba dengan pendekatan RPG yg terasa lebih kental dibandingkan para pesaingnya.

    Lantas apakah dengan pendekatan RPGini menjadikanCrashlands sebagai pengalaman game survival baru yg membuatnya layak masuk ke dalam daftar wajib main? Mari kita ulas bersama-sama.
    Selamat Datang di Kerasnya PlanetWoanope[​IMG]Selamat datang & nikmati petualanganmu di planet antah berantah Woanope

    Seperti yg telah saya singgung minggu lalu,Crashlands merupakan game survival adventure yg menempatkan kamu dalam sebuah planet alien bernama Woanope. Sebagai seorang sopir truk antar galaksi bernama Flux Dabes, kamu diceritakanterdampar diplanetini bersama asistenrobot bernama Juicebox yg selalumemberimu ceramah seputar cara bertahan hidup di alam liar & upaya mendapatkan kembali kargomu yg hilang.

    Woanope sendiri bukanlahplanet yg serta mertabisa menerima kehadiranmudengan tangan terbuka.Dengan tiga tipe lingkunganyang diposisikandalam sebuah peta dunia berukuran sangat luas, Butterscotch Shenanigans tak hanya menyajikan dunia yg cukup menarikuntuk dijelajahi, tapi juga mengisinya dengan populasialien & sumber daya alam berbeda-beda.

    Di sini kamu bisamenjumpai berbagaimakhlukalien, mulai dari yg bisa diajak untuk bersekutuseperti kaum Tendraam & alienBrubus, hingga “hewanliar” seperti Wompit, Womjack, laluThroak yg akan langsung menyerangmu apabila kamu mengganggu mereka.

    [​IMG]

    Supayasuasana petualangan kamu semakin menarik,Crashlands juga memiliki fitur perubahan siang & malam yg mempengaruhifaktor pencahayaan serta keagresifanmonster di sekitarmu. Beberapa monster bahkan ada juga yg hanya muncul di saat malam menjelang.Hal ini mendorong kamu untukmelakukan perburuan khusus pada malamhari, di mana tantangan yg kamu hadapi akan jadi lebih besar dibanding sebelumnya.

    Mati bukanlah suatuhalyang perlu kamu persoalkan di sini, karena pada tingkat kesulitan apapun yg kamu pilih, game ini memberikan opsi respawn supaya kamu tetap terus melanjutkan permainan tanpa kehilangan progres cerita sama sekali. Hanya saja, kamu akan kehilangan sejumlah resource yg telah dikumpulkan & kamu perlu berjalan menuju lokasi batu nisanmu untuk mengambilnya kembali.
    [​IMG]Inilah momen di mana saya menyadari bahwa keluyuran di malam hari bukanlah hal yg patut untuk dilakukan

    Untungnyaagarpemain tidak merasa jenuh melakukan aktivitas berjalan ke sana kemarialias backtrackingdi dunia Crashlandsyang cukup luas, Butterscotch Shenanigans memiliki fiturQuickTravelyang bisa kamuakses dengan mudah melaluimenu peta.

    Quick Travel hanya bisa digunakan jika kamu sudah menemukan titik teleportasi yg berguna menjadicheckpointpeta kamu. Dengan ini, mati pun menjadi satu hal yg tidak terlalu dipersoalkan karena kamu bisa respawn di home base & melakukan teleportasi ke tempat yg paling dekat dengan lokasi mayatmu tadi.
    Bukan Survival Adventure Biasa, Melainkan RPG dengan Formula Kill, Craft, Repeat![​IMG]Saya & peliharaan saya: Yazzuka mencari lokasi menarik untuk markas kami berikutnya

    Selama bermainCrashlands,hal yg paling membekas di benak pikiran saya adalah bagaimana elemen RPG dalam game ini membuat saya seolah-olah bermain grinding ala Diablo namun dengan elemen survival seperti Don’t Starve & game sejenisnya.

    Berbeda dengangame survival adventure lain yg lebih ditekankan ke dalam permainanopen-world sandbox, Crashlandsmemilikielemen RPG di hampir semua bagian permainannya, mulaidaricrafting item,atribut dari efek equipment,sistemquest dari NPC,hingga struktur urutandunianya yg disesuaikan level para pemain.
    [​IMG]Indikator merah menandakan arah serangan musuh yg perlu kamu hindari agar tidak terluka

    Hal lainnya yg membuatgame ini terasa sepertiRPG adalah skema kontrol & susunan desain antarmukanya yg sekilas mengingatkan saya dengan permainanhack and slash RPG di PC.

    Selain diberikan deretan tombolshortcut untuk mengakses item secara instan, kita juga bisa melihat arah serangan musuh lewat indikator merah yg diperlihatkan lawan. Perpaduan skema kontrol yg indah dengan gameplay action yg taktisini membuat aksisurvivaldalamCrashlands terasa lebih seru dibandingkan game sejenisnya.

    Berbicarasoal elemencrafting, di sini kita diberikan ruanginventory yg hampir tidak terbatas untuk menampung semuaresource yg telah dikumpulkan. Hal tersebut memberikan kitakebebasan untuk melakukan aktivitasresource gathering tanpa perlu waswas untuk kembali berjalan pulangke markas.
    [​IMG]Teruslah membuat senjata yg sama berulang-ulang demi mendapatkan efek yg kamu dambakan

    Bagusnya lagi,game inijuga memberimu hadiah berupaunlockable item yg diperoleh dengan cara melakukangathering resourcesama berulang-ulang. Aktivitasgrinding pun semakin terasa manfaatnya karena jerih payahmu mengumpulkanresourceakan diganjar dengan bertambahnya koleksiitem yg bisa kamu buat nanti, entah itu furnitur, hiasan ruangan, pernak-pernik lampu, & lain-lain.

    Masih tentang fitur yg sama, di sini kita juga menjumpai random equipment berdasarkan hasil crafting, di mana setiap potongan baju & senjata yg kita buat akan diberi atribut secara acak. Sama seperti Diablo, perolehan atribut setiap equipment tadi kemudian dibagi berdasarkan nama kualitas senjata & warna apa yg muncul pada bagian namanya.

    Dengan fitur semacam ini, saya bahkan rela menghabiskan hampir semua resource yg saya punya demi mendapatkan equipment untuk karakter saya gunakan. Karena seperti yg sempat singgung di atas, semakin bagus atribut perlengkapan kamu, semakin besar keberhasilanmu mengarungi sisi lain planet Woanope.
    Kesimpulan: Survival Adventure yg Sangat Cocok untuk Dimainkan lewat Perangkat Mobile
    [​IMG]

    Saya akui bermaingame ini di perangkat layar sentuh terasa sangat responsif, apalagi di momen-momen gentingseperti menghindari serangan Wompit yg terkadang susah untuk ditebak, lari dari bola api alien Tartil, & lain-lain. Terus terang saat saya mengulas Crashlands melalui perangkat Android kesayangan, saya belum bisa membayangkan bagaimana kontrol versi PC dari game ini yg sepenuhnya mengandalkan penggunaan mouse untuk bergerak.

    Pada intinya,Crashlandsmerupakan sebuahgame survival adventure yg sangat brilian & layak untuk kamu mainkan,apapun itu platform pilihan kamu.Nilai sempurnayang saya berikan untukgame ini bukan karena rasaiba terhadapnasib salah satu anggota Butterscotch Shenanigans yg berjuang melawan kanker sambilmenyelesaikangame ini sebagaikarya terakhirnya di saat bersamaan.

    Nilai sempurnauntukCrashlandsini murnisebagai bentuk perwakilansegala kesenangan yg saya dapatkan selama menghabiskan waktu menaklukkan planet Woanope yg kejam di akhir pekan. Jika sebelum membaca ulasanini kamu sempat ragu apakah memutuskan beli / tidak, maka inilah jawaban saya untukmu, “Belidan mainkan salah satu game mobile terbaik di tahun 2016 ini segera, Kawan!”
    Steam Link: Crashlands, Rp. 115.999 Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Crashlands Butterscotch Shenanigans - Jan 20, 2016 Genre: Role Playing Size: 57M Installs: N/A 69,471 Download [​IMG][​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page