Review Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 16, 2015.

Discuss Review Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Kata “despair”atau “kehilangan harapan” adalah tema utama dari tiap seri Danganronpa,tidak terkecuali untukgameyang merupakan iterasiketiga dari serinya ini. Sebelum ini, Spike Chunsoftsudah merilis dua game pendahulunya yg juga ekslusifuntuk PS Vita yaitu Danganronpa: Trigger Happy Havocdan Danganronpa 2: Goodbye Despair.

    Monokuma, beruang jahat berwarna putih hitam, sekali lagi muncul untuk meneror & membuatmu putus asa dalam Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls! Apakah kamu mampubertahan hidup menghadapi puluhan robot beruangyang siap mencabik-cabik dirimu? Lalu siapakah sebenarnya dalang yg kali ini mengendalikan Monokuma?
    Menyibak Misteri Tragedi
    [​IMG]

    Gameini dibuat oleh Spike Chunsoft sebagai jawaban atas apa yg sebenarnya terjadi setelah peristiwa dalamTrigger Happy Havocdan apa yg memicu kejadian pentingdalamGoodbye Despair.

    Sudut pandang cerita kali ini berfokus pada nasib Komaru Naegi, gadis SMA yg merupakan adik perempuan Makoto Naegi, sang protagonis utama dalamTrigger Happy Havoc.Iaternyata dikarantina selama satu tahun selagi kakaknya berjuang terlebih dahulu mengalahkan keputusasaan dariulah Monokuma.

    [​IMG]Makoto Naegi merupakansalah satusiswa padaakademi Hope’s Peakyangterkenal hanya mencari orang-orang berbakat saja.Dalang yg mengendalikan Monokuma memang sengaja menculik orang-orang terdekat dari murid-murid Hope’s Peak agar mudah membuat mereka kehilangan harapan ketikamengetahui hal buruk dapat menimpa orang-orang yg mereka sayang.

    Walaupun dijadikan tahanan selama setahun, nasib Komaru bisa dikatakan cukupmujur.Ia setidaknya aman dari berbagai ancaman & tetap mendapat makanan, pakaian, & tempat tidur yg layak.

    Suatu hari rasa aman itu dirusak oleh beruang putih hitam, Monokuma, yangmendobrak masuk & berniat membunuhnya.Beruntung di saat yg sama muncul kelompok Future Foundation yg sempat menyelamatkan Komaru & membekalinya dengan senjata Hacking Gun.Ia pun bergegaskeluar dari rumahtersebut karena ingin melihat seperti apa dunia luar yg sudah setahun ia rindukan.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Sayang,apa yg Komaru lihat setelah keluar dari sangkarnya sungguh mengenaskan. Kota Towa, tempat ia ditawan sedang mengalami kekacauan akibatkelompok pembawa keputusasaanyangmenamakan dirinya sebagai Warriors of Hope.

    Merekamelakukan kerusuhan, penganiayaan, & berbagai hal mengerikan yg tak pernah terbayangkan sebelumnya. Begitu banyak mayat bertumpuk & darah berceceran di mana-mana, hingga Komaru mengira dirinya sedang bermimpi.
    Siapakah Warriors of Hope?
    [​IMG]

    Apa? Ternyata kelompok radikal ini semuanya terdiri darianak-anak?! Lima orang anak yg berlaku sebagai pemimpin Warriors of Hopeadalah siswa-siswi kelasjunior akademi Hope’s Peak & masing-masing dijuluki Lil’ Ultimate tergantung dari bidang keahliannya.

    Status ini menjadikan mereka anak-anak berbakat yg mengerikan & dapat melakukan apa saja, apalagi ditambah dengan bantuan ratusan pasukan Monokuma. Satu Monokuma saja sudah merepotkan!

    Para Warriors of Hope memiliki tujuan untuk membinasakan semua orang dewasayang mereka anggaplaksana setan. Dendam buta ini ternyata disebabkan dari pengalaman mengerikan pada masa lalu yg diderita para bocah ini karenaorang tuanya sendiri, sampai-sampai membuat mereka putus asa & hampir bunuh diri.

    [​IMG]

    Di saat hal ini berlangsung, seseorang melihat kesempatan untuk menjadikan para bocah junior dari Hope’s Peak menjadialat pembalas dendam danpemberirasa putus asa yg sempurna. Sosok misterius itu akhirnya menyelamatkan mereka berlima sekaligus mencuci otaknya dengan idealisme sesat, sehingga anak-anak tersebutmenjadi seperti sekarang.

    Komaru Naegi, yg baru saja lepas dari kandang harimau rupanya masuk ke dalam sarang naga.Belum lama ia bisa menghirup udara luar, Warriors of Hope berhasil menangkapnya, memasangkan gelang pelacak, & melepasnya lagi untuk menjadikannya sebagai buruan dalam permainan anak-anak yg gila.Mereka menyebut permainan ini sebagai “Berburu Setan”.

    [​IMG]
    Beruntung perjalanan penuh tekanan & bahaya ini ternyata tidak perluia hadapi seorang diri.Bagaikan sudah ditentukanolehtakdir, mendadak muncul seorang penyelamatpembunuh berantai bernama Toko Fukawa yg datang sebagai utusan dari Future Foundationuntuk menjaga Komaru Naegi.Mungkin sekilas ia tampak lemah, tapi tersimpan kekuatan besar yg pasti kamu tak akan menduga.

    Walaupun ditemani dengan sosok yg agak anehdan berbahaya, Komaru yg tadinya merasa frustasi & hendak menyerah, tiba-tibaseperti mendapatkan keberanian untukberusaha bertahan hidup & menemukan secercah harapan demimenghadapi mimpi buruk ini.
    Mendadak Third Person Shooter
    [​IMG]

    Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls mengalami perombakan total pada bagiangameplay. Genre dari Danganronpa yang selama ini kita kenal sebagaivisual novel,sekarang berubah menjadigame action shooterbersudut pandang orang ketiga.

    Petualanganmu melawan Monokuma & para pembawa keputusasaan di kota Towa ini tidak lagi bisa dihadapi bermodalkan logika & argumen saja seperti pada dua judulDanganronpa sebelumnya. Kamu akan mengalahkan mereka dengansenjataampuh berbentuk megafon yg dinamakan Hacking Gun.

    Saat akhirnyatibagiliranmu untuk mengendalikan Komaru Naegi yg mendapatkan megafon canggih ini, kamu akan diberikan kesempatan mencoba berbagai macam amunisi peluru bernama Truth Bullet. Kamu tidak perlu takut kehabisan peluru karena amunisi diberikan tanpa batas selama tahap tutorial.

    [​IMG]

    Terdapatdelapan jenis amunisi yg nantinya sangat berguna ketika Komaru berhadapandenganmacam-macam Monokumadan untuk mengatasi berbagai tantangan. Truth Bullet tersebut dibagi menjadi dua jenis menurut fungsinya, yaitu:
    Peluru untuk menyerang
    • Break​
    • Knockback​
    • Paralyze​
    • Burn​
    Peluruuntuk support
    • Move
    • Dance
    • Detect
    • Link

    Peluru untuk menyerang memiliki keragaman variasi, mulai dari tembakan biasa sampai yg memberikan efek pendorong, listrik, hinggaapi. Pelurusupport tidak dapatdigunakan untuk menyerang Monokuma secara langsung. Sebagai gantinya, kamu dapat menggerakkan benda-benda elektrik, membuat Monokuma berdansa sehingga tidak dapat menyerang, mendeteksi petunjuk-petunjuk penting, & terakhir adalah fungsi yg paling mencerminkan nama megafon ini yaitu melakukanhackuntuk mengendalikan Monokuma sesuka hati dengan dibatasi waktu.

    Delapan peluru tadidapat dipakai secara bergantiandengan cepat. Ada dua skema penggantian peluru, yaitu menggunakan tombol arah tergantung, / dengan menekan tombol kotakdan kemudianmemilih pelurudengan menyentuh jenis yg dimaksudpada layar.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Efektivitas peluru ini juga bisa ditingkatkan. Kamu bisa melakukan upgradekecepatan, jumlah amunisi maksimal, & kekuatan tembakannya dengan cara membayar mata uang Monocoin yg kamu dapat dari mengalahkan musuh / menyelesaikan tantangan dengan hasil terbaik.

    Kontrol yg diberikan cukup baik, pas dengan skema tombol pada PS Vita. Sayang tidak ada pengalaman istimewa yg diberikan selain melakukan touch ketika hendak memilih Truth Bullet yg ingin digunakan.Menurut sayapotensi hardwarehandheld secanggihini harusnya bisa diperlihatkan jikamenggunakan sensorgiroskopuntuk mengarahkan tembakan seperti pada gameUncharted: Golden Abyss yangjuga eksklusif PS Vita,ketimbang hanya memakaianalog joysticksaja.

    Untuk kamu yg merasa tidak terlalu jago memainkan genreshooter tidak perlu khawatir, karena senjatamu dilengkapi dengan pointerlaser sehingga dapat menembak musuh dari jarak jauh dengan akurat, kecuali untuk peluru Knockback yg tetap harus dieksekusi dari jarak dekat.
    Kehabisan Amunisi? Gunting Saja!
    [​IMG]

    Tentu saja senjatamuakan memiliki batasanamunisiketikatutorial sudah berhasil dilewati.Jumlah peluru yg dapat digunakan pun hanya tersisa satu saja yaitu Break.Kamu akan mendapatkan jenis peluru lainnya satu-per satu mengikuti perkembangan cerita.

    Komaru dapat mengisi ulang pelurudengan item yg dijatuhkan lawan / yg tersimpan di dalam mesingacha. Ketika Komaru benar-benar tidak memiliki peluru serangan yg tersisa / terjebak dalam kepungan musuh yg sulit ditembak, saatnya kamu bertukar tempat dengan temanmu si pembunuh berantai eksentrikGenocide Jack.

    [​IMG]Genocide Jackadalah kepribadian laindari Toko Fukawa yg akanmenutupi kekurangan darigameini, di manakamutidak memiliki senjata jarak dekat sama sekali ketika bermain sebagai Komaru.

    Dengan gunting pembunuh andalannya, kamu dapat melibas berapa pun Monokuma yg muncul selama meteran baterainya masih tersisa.Belum lagi jika meteran combosudah terisi, Genocide Jack dapat melakukan beberapa jurus pamungkasnya.

    Ketika waktusudah habis, kamu akan kembali menjadi Komaru secara otomatis.Kamu juga bisa menekan tombol segitiga jika kamu ingin menghemat baterai milik Genocide Jack.

    Yang jelas, mode Genocide Jack ini sangat kuat & benar-benar harus dihemat penggunaannya hanya padasaat situasi palinggenting. Meteran baterai Genocide Jack juga dapat dipakai sebagai nyawa cadangan & menjadi penyelamat ketika Komaru berada dalam kondisi kritis. Kemampuan Genocide Jack mulai darijumlah combo serangan,kecepatan serangan, sampai meteran baterai yg lebih efisienjuga dapat kamu tingkatkan, lagi-lagi menggunakan Monocoin.
    Tidak SemuaHarus Dihadapi Secara Langsung
    [​IMG]

    Gameplayyang ditawarkan ternyata tidak melulu tembak-menembak, ada kalanya kamu diwajibkan sedikit menggunakan logika untuk menghadapi para Monokuma. Kamu akan menemukanruangan dengan beberapa Monokuma di dalamnya yg bisa kamu kalahkan hanya dengan satu / dua peluru saja.

    Ajaib bukan? Ketika akan memasuki suatu ruangan, kamu akan diberikan penjelasan singkat mengenai peluru apa yg boleh dipakai & mana yg tidak (walaupun sebenarnya peluru yg dilarang tetap bisa digunakan). Selain itu, terdapat juga informasi lain seperti apakah hanya boleh menggunakan satu kali serangan saja & tinjauan ruangan dari sudut pandang atas. Kamu dapat memperkirakan strategi apa yg dapat kamu lakukan sambil memantau lokasi-lokasi Monokuma agar dapat mengalahkannya bersamaan tanpa mereka sadari.

    [​IMG]

    Nah, jika kamu mengalami kegagalan dalam menyelesaikan tantangan ini, apalagi kalau musuh sudahterlanjur menyadari keberadaanmu & mulai menyerang, mau tak mau kamu harus menghadapi mereka seperti biasa dengan risiko terkena serangan & tidak bisa menghemat amunisi maupunbaterai. Kegagalan tantangan ini tidak berpengaruh pada progrespermainankarena kamu tetap akan bisa keluar dari ruangan tersebut asalkan semua Monokuma sudah dihabisi.

    Namun ketika sudah menyesaikan satu bab cerita, nantinya akan berpengaruh pada peringkat skormu. Kalau terlalu banyak mengulang tantangan kamu akan sulit mengincar rapor ‘A’ yg bisa memberikan bonus berupa lima ratusMonocoin & satu Skill Book yg berguna menambah kemampuan pasif Komaru & Toko.
    Petualangan Mendebarkan yg Singkat
    [​IMG]

    Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girlsbisa dibilang dapat diselesaikan dengan waktu yg relatif cepat dibanding dua judul sebelumnya, apalagi jika kamu memainkan mode termudah. Kabar baiknya, setelah menamatkannya masih banyak hal lain yg bisa kamu lakukan.

    Kamu akan diberikan beberapa bonus setelah berhasil menyelesaikan game ini, salah satunya berupa novel digitalyang menceritakan pengalaman seorang anggota Future Fondation yg agak konyol ketika bertualang di kota Towa.Lalu akan terbuka juga berbagai macam musik, gambar konsep, dancutscene padagameini yg bisa dilihat dengan cara membayarnya terlebih dahulu dengan Monocoin.

    Sambil melakukangrindinguntuk memanen banyak uang, kamu juga bisa melengkapi berbagaiitem dan Skill Bookyang mungkin terlewat / mencoba lagi tantangan yg sebelumnya belum kamu selesaikan dengan sempurna.

    Bagi kamuyang ingin melengkapiTrophy,saya lihat persyaratan untukmendapat Trophy Platinum sedikit sulit & akan mengharuskan kamu mengulang-mengulang satu Chapterlo, cukup menantang bukan?

    [​IMG]
    Lepas dari Dua Dimensi dengan Irama Musik yg Catchy
    [​IMG]

    Grafis yg diusung cukup menarik, apalagi bagi yg pernah memainkan Danganronpa sebelumnya. Kamu pasti menyadari terjadi peningkatan drastis dari desain karakter yg sebelumnya adalah2D berubah menjadi 3D yg sangat apik. Tidak percaya? Tunggu saja sampai kamu melihat bos yg akan kamu hadapitiapakhir bab, benar-benar keren!Pengecualian untuk beberapacutscene, grafis diubah menjadi bergayaanimeyang tidak kalah menarik.

    Tidak lupa petualanganmu akan ditemani dengan berbagai aransemen musik yg tetaplekat dengan irama konyol, gila, sekaligus menegangkan yg menunjang suasana keputusasaan & harapan dalamgame ini. Walaupun gaya bermain yg disajikan baru, tapi kamu tidak akan merasa canggung karena suasana Danganronpa tetaphadir dengan sempurna berkat grafis khas yg makin baik & beberapa BGM yg diambil dari seri-seri sebelumnya.
    Kesimpulan
    [​IMG]

    Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls adalah iterasi yg penting walaupun hanya sebagaispin-off,kamu yg mengaku fans Danganronpa tidak boleh tidak memilikinya.Bagi kamu yg belum pernah memainkan Danganronpa, saya sangat menyarankan untuk menunda dulu memainkan game ini & mulailah daridua judul sebelumnya jika memang tertarik untuk mengikuti plot ceritanya.

    Setidaknya mainkan / tonton dahuluanime dari Danganronpa: Trigger Happy Havockarenaspoiler tentang siapa karakter yg menjadi bos akhir diungkapkan dengan sangat jelas. Porsi untukspoiler Danganronpa: Goodbye Despairsendiri lebih sedikit, tapi kamu tetapakan langsung tahu siapa salah satu karakter antagonisnya. Namun,jika kamu tidak peduli dengan jalan ceritanya,gameini cukup baik untuk kategoriaction shooter.

    [​IMG]

    Saya cukup menikmatinya walaupunpacinggame ini sedikit lambatkarena banyak jeda pembicaraan yg tidak perlu ketika mengambil suatu itembuku.

    Nilai plusDanganronpa Another Episode: Ultra Despair Girl terletaksebagai alternatifbagi kamu yangbosan menembaki zombi / makhluk horor lainnya.Tidak setiap hari kan kamu bisa menghadapi beruang pembunuh berwarna putih hitam sepuasnya?

    PlayStation Store Link (US):Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls, $39,99(sekitar Rp 544.000)

    PlayStation Store Link (Asia):Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls, Rp521.000



    Visual Novel memang bukan selera semua orang, tapi setidaknya Danganronpa sudah memberikan satu judul dengan genre action shooter. Bagaimana menurutmu? Apakah Danganronpa lebih baik beralih genre untuk seterusnya?

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page