Review Shadowmatic | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 21, 2015.

Discuss Review Shadowmatic | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,681
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    21/01/2015

    Apa yg kamu harapkan dari sebuah perusahaan efek visual komputer ketika bereksperimen membuat game? Apakah grafis yg menakjubkan? Gameplay yg unik? Atau musik pengiring yg berkualitas? Kamu tidak perlu mencari lebih jauh lagi, karena Shadowmatic memiliki semua kualitas yg saya sebutkan tadi.

    Shadowmatic adalah sebuah game puzzle untuk iOS yg dikembangkan oleh Triada Studio Games. Judul dari game ini sedikit banyak memberikan petunjuk tentang apa yg akan kamu lakukan selama permainan:mencari bayangan.Bayangan / siluet ini dihasilkan dariobjekabstrak & seberkas cahaya yg menyorotke permukaan dinding. Walau semua objekyang ada di Shadowmatic berbentuk absurd, siapa sangka kalau mereka menyimpan suatu siluet unik apabila dihadapkan ke sinar dengan sudut yg tepat?
    [​IMG]Surprise! Ternyata kayu berbentuk absurd ini bisa menghasilkan bayangan seekor kelinci!

    Walau tidak ada hal lain yg perlu dilakukan selain mencari siluet,justru hal inilah yg membuat permainan bersinar. Siluet yg harus kamu cari ternyata cukup sulit ditebak. Siapa sangka gumpalan bola aneh bisa membentuk bayangan katak, / engsel berkarat di hadapanmu bisa membentuk bayangan sekop? Siluet yg dihasilkan sering kali tidak disangka-sangka, hingga saya pun dibuattakjub ketika pada akhirnya menemukan bayangan misterius itu.

    Untuk mencari siluet misterius ini, kamu akan dipandu oleh dua alat bantu yg tersedia selama permainan. Alat bantu pertama adalah sebuah bar petunjuk yg berada di bawah layar. Bar ini terdiri dari enam buah lampu yg akan menyala satu per satu apabila bayangan yg kamu bentuk semakin mendekati siluet yg dicari. Bila kamu masih belum yakin siluet apa yg harus kamutemukan, kamu bisa menggeser, membalik, / memutar objeksedikit demi sedikit sambil melihat reaksi dari lampu di bar ini.

    Alat bantu kedua adalah empat buah petunjuk yg akan memberitahu benda apa yg kamu cari di masing-masing level. Keempatpetunjuk memiliki tingkat kejelasan yg berbeda, dengan petunjuk pertama berupa kalimat ambigu hinggapetunjuk keempat yg memberikan gambar panduan untuk kamu samakan. Masing-masing petunjuk membutuhkan poin untuk dapat diakses. Semakin banyak kamu membuka petunjuk, semakin banyak pula poin yg dibutuhkan untuk dapat mengaksesnya.
    [​IMG]Bingung mau mencari bayangan apa? Ada empat petunjuk untuk menuntunmu ke siluet misterius

    Kehadiran kedua alat bantu ini sangat berguna untuk menyelesaikan level di dalam game yg semakin lama menjadi semakin sulit. Bayangan misterius yg dicari menjadi semakin kompleks dengan jumlah objekyang juga semakin bertambah seiring dengan progress permainan.Kalau sudah begini, niscaya waktu yg kamu perlukan untuk memecahkan teka-teki di level-level akhir juga akan semakin panjang. Saya sendiri pernah terhambat di suatu level hingga setengah jam lebih sebelumakhirnya menyerah & memutuskan untuk mencoba lagi di lain kesempatan.

    Tingkat kesulitan tertinggi yg akan kamu temui memiliki tiga objekyang harus kamu putar & rangkai secara bersamaan menjadi satu kesatuan siluet. Objek-objek inimerupakan bagiandari satu siluet utuh yg dibagi dengan potongan yg terkadang tidak lazim. Merangkai beberapa siluet yg ada di sini sama persis denganmerangkai jigsaw puzzle. Dibutuhkan daya imajinasi yg tinggi & insting yg terlatih untuk dapat membayangkan & merangkai siluet utuh yg dicari.

    Sayangnya, puzzle yg semakin kompleks ini tidak hanya memberikan tantangan yg lebih sulit. Sistem kendali objek yg didesain dengan kurang sempurna mengakibatkan rasa frustasi mulai muncul ketika merangkai tiga objek sekaligus. Saya menemui kesulitan untuk merangkai ketiga objek menjadi kesatuan yg utuh hanya karena pergerakan merekasulit untuk dikoordinasikan. Ditambah lagi, pengembang menggunakan sistem penilaian siluet yg sangat kaku. Sangat kakuhinggasemua objek yg ada harus dirangkai dengan tingkat akurasi yg sangat presisi, / permainan tidak akan mengakui usaha kamu sama sekali. Sering kali saya berkutat cukup lama untuk sebuah siluet yg sudah saya ketahui bentuknya, tapi cukup sulit untuk dirangkai karena kontrol yg belum sempurna.
    [​IMG]Siluet dari dua objek / lebih juga harus dirangkai menjadi satu kesatuan bayangan utuh

    Apabila puzzle yg ada mulai membuatmu gerah, setidaknya kualitas audio visualpada gamebisa membantumu untuk tetap rileks. Tampilan grafis sepanjang permainan didesain menggunakan gaya realistis, di mana objek & tampilan latar belakang disajikansecara meyakinkan dengan tingkat detail yg tinggi. Tampilan yg ada juga dipercantik dengan 3D parallax view, di mana sudut pandang pada layar akan bergerak mengikuti pergerakansudut layar padaperangkat yg kamu pegang. Jangan lupa untuk memakai headphone ketika memainkannya, karena di sini kamu bisa menikmati musik latar yg digubah dengan sangat apik. Musik yg mengalun di latar terdengar indah & menenangkan, yg tentunya hanya bisa dinikmati dengan maksimal menggunakan headphone stereo. Tampaknya audio pada Shadowmatic memang digarap dengan cukup serius, sampai-sampai pengembang menyediakan satu album yg bisa diunduh secara khusus melalui iTunes.

    Meski dirilis sebagai game berbayar, Shadowmatic tetap menyediakan IAP untuk membeli poin yg bisa kamu pakai guna membuka petunjuk. IAP ini sepenuhnya bersifat opsional, dalam artian kamu bisa memainkan seluruh permainan & menyelesaikan semua level tanpa menebus IAP ini sekalipun. Selain itu, kamu juga bisa menyelesaikan semua tantangan yg berjumlah lebih dari 70 level tanpa menggunakan petunjuk apa pun & mendapatkan poin secara cuma-cuma setiap kali menyelesaikanlevel.

    Shadowmatic merupakan game puzzle yg dibuat dengan apik & pintar. Pengembang cukup berhasil memberikan sensasi rileks bagi para pemain ketika berkutat dengan objek abstrak untuk mencari sebuah siluet. Hanya saja, kontrol yg kurang sempurna dipadu dengan kekakuan sistem akurasi siluet malah berpotensi mengundang rasa frustasi ketika menikmati permainan. Bagi kamu yg mencari puzzle unik dengan grafis prima, maka game ini adalah satu permainan yg patut kamu coba.

    Apple App Store Link: Shadowmatic, Rp. 35000
    Review OverviewGraphic5Gameplay4Value44Good
    Pros: Puzzle yg sederhana tapi menantang & bikin penasaran | Kualitas audio visual yg memukau untuk sebuah game puzzle | Siap-siap dibuat terheran-heran dengan siluet yg ada di masing-masing level

    Cons: Sistem kontrol permainan kurang sempurna, sulit mengkoordinasikan semua objek yg ada | Sistem penilaian siluet yg terlalu kaku & presisi | Tidak menarik untuk dimainkan berulang-ulang setelah teka-teki yg ada berhasil dipecahkanTagsPuzzle

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page