Scam Facebook: Pesawat Malaysia Airlines MH-370 Ditemukan

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jul 13, 2014.

Discuss Scam Facebook: Pesawat Malaysia Airlines MH-370 Ditemukan in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,134
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Sebuah berita tipuan atau scam beredar di Facebook mengenai ditemukannya pesawat Malaysia Airlines MH-370. Scam ini berupa video yang mengatakan bahwa pesawat tersebut ditemukan oleh pelaut.

    Seperti yang dilaporkan oleh Softpedia pada Kamis (10/07), video mengenai ditemukannya pesawat Malaysia Airlines MH-370 tersebut sebenarnya berisi mengenai tipuan untuk memancing korban agar mengisi survei yang disebarkan oleh pelaku. Pelaku mendapatkan keuntungan dari setiap responden yang mengisi survei tersebut.

    Penipuan ini diungkap oleh lembaga Hoax Slayer, pada situs resminya mengatakan bahwa gambar yang disebarkan melalui Facebook sebenarnya adalah gambar pesawat dari maskapai penerbangan US Airways yang terjatuh di Sungai Hudson pada tahun 2009.

    Untuk meyakinkan korban agar mau mengklik video scam tersebut, pelaku juga memberi pesan bahwa pelaut yang menemukan pesawat tersebut mendapatkan hadiah sekitar 5 juta dolar AS langsung di tempat.

    Menurut Hoax Slayer, untuk memperbanyak korban, pelaku memperintahkan kepada korban agar menyebarkan kepada seluruh teman Facebook video ini sebagai syarat untuk menonton video ini. Hal ini dilakukan oleh pelaku agar mendapatkan korban yang mengisi survei yang diberikan oleh pelaku akan semakin banyak.

    Pelaku yang membuat video palsu ini mendapatkan uang melalui skema pemasaran yang pintar setiap kali pengguna berpartisipasi dalam survei. Dan, dengan menipu orang-orang agar berbagi informasi palsu ini, mereka dapat meningkatkan jumlah korban yang potensial, ungkap Hoax Slayer di situsnya.

    Modus penipuan seperti ini kerap kali meminta korban agar menyebarkan informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat email, yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat untuk menyebarkan spam.

    Pesawat Malaysia Airline MH-370 sendiri sebenarnya hingga kini belum ditemukan. Pesawat yang mengangkut 239 penumpang tersebut hilang saat perjalanan dari Malaysia ke Bejing. Hampir empat bulan setelah hilangnya pesawat tersebut, posisi hilangnya pesawat tersebut hingga kini belum bisa diidentifikasi.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page