Liga Inggris Sejarah Hari Ini (15 Mei): Tottenham Hotspur Persembahkan Trofi Eropa Perdana Bagi Inggris

Discussion in 'Bola' started by Bola, May 15, 2015.

Discuss Sejarah Hari Ini (15 Mei): Tottenham Hotspur Persembahkan Trofi Eropa Perdana Bagi Inggris in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,330
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Pada era kini kita boleh saja mengenal Tottenham Hotspur sebagai pecundang di Liga Primer Inggris. Pemilik mereka kaya raya, memiliki akademi sepakbola yang lumayan, selalu bisa menghasilkan bibit muda yang bisa dijual mahal, jor-joran di bursa transfer, tapi kering gelar.

    Namun peristiwa 15 Mei 1963 akan selalu dikenang sebagai sejarah emas sepakbola Inggris di kancah Eropa, yang aktor utamanya adalah Tottenham. Ya, mereka jadi tim pertama yang sukses mempersembahkan trofi kompetisi antarklub Eropa untuk persepkbolaan Inggris.

    Klub yang juga memiliki nickname Spurs ini mempersembahkan gelar tersebut lewat kancah Piala Winners di musim 1962/63. Mereka meraihnya lewat cara yang amat meyakinkan dengan memenangkan enam dari tujuh partai, sejak laga pertama hingga final.

    [​IMG]
    Jimmy Graves jadi bintang di final Piala Winners 1962/63

    Manajer legendaris Spurs, Bill Nicholson, jadi sosok krusial atas prestasi brilian tersebut. Ia mampu mengangkat level The Lily Whites yang tadinya merupakan tim medioker jadi tim papan atas Inggris dan elit Eropa. Hal itu pertama kali dibuktikannya dengan mengantarkan Spurs jadi kampiun divisi utama Inggris, di musim 1960/61.

    Konsisten berada di papan atas, Spurs pun rutin tampil di Eropa dan akhirnya mencapai puncak di ajang Piala Winners 1962/63. Dengan dijejali legenda-legenda yang juga jadi anggota timnas Inggris juara dunia 1966, macam Jimmy Greaves dan Peter Baker, Spurs melaju mulus ke final dengan lima kemenangan dan hanya sekali kalah.

    Jagoan Spanyol, Atletico Madrid, jadi penantang di partai final. Alih-alih berjalan seru dan kompetitif, laga malah tampak berat sebelah lantaran Spurs tampil kesetanan. Mereka sudah unggul 2-0 di babak pertama dan mengakhiri pertandingan dengan skor telak 5-1! Sepasang gol Jimmny Graves dan Terry Dyson, serta sebiji dari John White, hanya mampu dibalas satu Los Rojiblancos, lewat penalti Enrique Collar.

    Sejumlah 49 ribu penonton yang hadir di Feijnoord Stadium, Rotterdam, Belanda, kemudian jadi saksi ditasbihkannya Spurs sebagai kampiun Piala Winners untuk kali pertama. Seiring berjalannya waktu, klub yang bermarkas di White Hart Lane itu berhasil meraih dua gelar Eropa lainnya, yang kesemuanya adalah Piala UEFA di musim 1971/72 dan 1983/84. Sayangnya sejak saat itu Spurs tak pernah lagi menambah jumlah trofi Eropa-nya hingga kini.

    liga inggris musim depan, liga inggris live, jadwal bola liga inggris di tv, Sejarah Hari Ini (15 Mei): Tottenham Hotspur Persembahkan Trofi Eropa Perdana Bagi Inggris
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page