Liga Jerman Sejarah Hari Ini (20 Juni): Penalti Legendaris Panenka

Discussion in 'Bola' started by Bola, Jun 20, 2016.

Discuss Sejarah Hari Ini (20 Juni): Penalti Legendaris Panenka in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    42,662
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Momen magis bisa terjadi kapan pun, di mana pun, di dalam dunia sepakbola. Namun, untuk mengabadikan keindahan yang ada, beberapa harus terjadi di pertandingan-pertandingan akbar.

    Kendati demikian, beberapa partai justru lebih besar ketimbang laga puncak kejuaran Euro. Dan ketika Antonin Panenka secara 'dingin' mengeksekusi penalti ke arah tengah gawang yang mengantarkan Cekoslowakia -- kini Republik Ceko dan Slowakia -- menjadi kampiun Euro 1976, legenda sepakbola telah lahir.

    Berlaga di putaran final turnamen yang berlangsung di Yugoslavia pada waktu itu, Cekoslowakia langsung menduduki posisi semi-final dan berhadapan dengan Belanda, sebagaimana hanya ada empat tim yang mentas dari babak kualifikasi.

    Selepas melewati perlawanan sengit Belanda hingga babak adu penalti, Cekoslowakia mampu menyegel tiket partai final dan sudah ditunggu raksasa kala itu, Jerman Barat. Menghadapi sang juara bertahan, Cekoslowakia tampil ngotot dan penuh determinasi.

    Cekoslowakia bahkan sempat membukukan keunggulan dua gol terlebih dahulu atas Jerman Barat melalui aksi Jan Svehlik dan Karol Dobias, sebelum akhirnya Dieter Muller dan Bernd Holzenbein menyelamatkan asa Franz Beckenbauer dan kolega dalam 90 menit permainan dan laga berlanjut ke babak tambahan.

    Skor 2-2 laga yang berlangsung di Crvena Zvezda Stadium tersebut pun tetap tak berubah meski 30 menit babak tambahan selesai, sesuai peraturan maka adu penalti harus dilaksanakan untuk menentukan pemenang.


    SIMAK JUGA
    Sejarah Hari Ini (19 Juni): Rekor Istimewa Pele Di Piala Dunia 1958
    Sejarah Hari Ini (18 Juni): Poin Pertama Amerika Serikat Di Piala Dunia
    Sejarah Hari Ini (17 Juni): Gelar Juara Dunia Kedua Brasil


    Tiga penendang Jerman Barat sukses menjalankan tugas mereka dengan baik, hanya Uli Hoeness yang gagal dengan sepakan legenda Bayern Munich itu melambung tinggi. Sementara Cekoslowakia dalam kedudukan sebaliknya, empat eksekutor mereka tak melewatkan kesempatan.

    Dengan satu penalti tersisa sekaligus menjadi momen penentu berhasil atau tidaknya Cekoslowakia keluar sebagai pemenang, Antonin Panenka bergerak maju dan bersiap menendang. Secara mengejutkan, sang gelandang serang berani untuk melakukan hal tak biasa dengan mengeksekusi bola secara 'dingin' ke arah tengah gawang.

    Meski terlihat sederhana, namun faktanya eksekusi tersebut justru mengelabuhi Sepp Maier, salah satu penjaga gawang legendari Jerman. Keputusannya yang bergerak ke kiri membuatnya kaget dan tak punya harapan untuk membendung penalti Panenka yang akhirnya menjadi pahlawan kemenangan Cekoslowakia.

    Sejak saat itu, trik Panenka dalam mengeksekusi penalti menjadi identitas tersendiri dalam dunia sepakbola. Banyak pemain hingga era modern ini mencoba untuk melakukan eksekusi yang terkenal dengan nama 'Panenka' tersebut. Terlihat mudah namun sulit, terutama soal mental untuk melakukannya dan banyak pemain yang berhasil meski ada juga yang gagal.

    liga jerman, u19, hari ini, logo, seri b, malam ini, klasemen, Sejarah Hari Ini (20 Juni): Penalti Legendaris Panenka
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page