Liga Inggris Sejarah Hari Ini (9 Februari): Manusia 1 Juta Pertama

Discussion in 'Bola' started by Bola, Feb 9, 2015.

Discuss Sejarah Hari Ini (9 Februari): Manusia 1 Juta Pertama in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,933
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Transfer pemain sepakbola di zaman modern seperti sekarang ini tentu terbilang fantastis, terlebih jika transfer itu terjadi di Liga Primer Inggris. Berjuta-juta poundsterling dengan mudahnya dihamburkan. Angka-angka transfer yang mencengangkan menjadi cerita biasa di musim panas dan di musim dingin ketika jendela transfer dibuka.

    Hampir setiap tahunnya, transaksi transfer yang dilakukan klub-klub Inggris tersebut menjadi yang paling besar dibandingkan dengan liga-liga lain di Eropa. Bahkan pada musim panas 2014 kemarin, total belanja 20 klub EPL mencapai rekor tertingginya, yakni £835 juta, mengungguli hampir setengahnya dari La Liga Spanyol (£425 juta).

    Namun tahukah Anda, jauh sebelum transfer raksasa tersebut, klub-klub di divisi teratas Negeri Ratu Elizabeth itu ternyata tidak terlalu boros dalam menggelontorkan uangnya untuk membeli pemain. Di era tahun 1960 hingga 1990-an misalnya, Italia menjadi kiblat transfer sepakbola dengan banyak rekor transfer dipecahkan oleh tim-tim seperti Juventus, AC Milan, Internazionale, dan Napoli.

    Misalnya, ketika Paolo Rossi dibeli Juventus dari Vicenza dengan rekor transfer dunia sebesar £1,75 juta pada tahun 1976, Inggris masih berkutat pada angka di bawah £300 ribu. Setahun berikutnya, Inggris mulai sedikit unjuk gigi ketika Kevin Keegan dijual Liverpool ke Hamburg dengan banderol £500 ribu. Tentu saja, jumlah itu masih sangat jauh dibandingkan dengan transfer Rossi itu.

    Keberhasilan klub Inggris menembus angka £1 juta baru bisa terpecahkan pada 9 Februari 1979, tepat 36 tahun yang lalu. Nottingham Forest, yang ketika itu tengah berada dalam masa keemasan, menggelar jumpa pers untuk mengumumkan rekrutan anyar mereka, yakni striker timnas Inggris, Trevor Francis.

    [​IMG]Trevor Francis, sang manusia £1 juta pertama, sukses memenangi Piala Champions di musim pertamanya bersama Nottingham Forest. ​

    Manajer Forest, Brian Clough, tampak percaya diri memperkenalkan pemain barunya itu. Dengan mengenakan jaket kulit berwarna merah menyala dan memegang raket squash, Clough menceritakan bahwa ia berhasil mendatangkan Francis dari Birmingham City dengan harga £999.999, kurang selembar uang £1 lagi untuk berstatus menjadi manusia satu juta pertama.

    Akan tetapi, pajak 15 persen membuat biaya total transfer itu membengkak menjadi £1,15 juta. Francis pun resmi menjadi pemain Inggris pertama yang menembus harga £1 juta. Nilai transfer tersebut hampir dua kali lipat dari rekor sebelumnya yang dipegang David Mills ketika dibeli West Bromwich Albion dari Middlesbrough seharga £516 ribu pada Januari 1979.

    Investasi besar yang dilakukan Forest ini terbukti berhasil pada awalnya. Bersama Francis, Forest sukses memenangi Piala Liga dan finis di urutan kedua Division One. Dan yang paling mengesankan adalah, Francis mampu mencetak gol penentu kemenangan 1-0 atas Malmo di final Piala Champions 1979.

    Sayang, cedera menghampirinya di tahun-tahun berikutnya, membuat Francis tak bisa berpartisipasi ketika Forest sukses mempertahankan gelar Eropa di musim 1979/80 dengan sukses mengalahkan Hamburg di final. Pada tahun 1981, Francis pindah ke Manchester City dengan harga £1,2 juta.

    Sejak Francis berstatus manusia £1 juta pertama, transfer di Inggris terus menggeliat. Pembelian Alan Shearer oleh Newcastle United dari Blackburn Rovers pada 1996 menandai rekor transfer dunia pertama dari Inggris sejak 45 tahun terakhir. Kemudian, berturut-turut pada tahun 2009 dan 2013, Inggris memecahkan rekor transfer lagi dengan menjual Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale ke Real Madrid.

    liga inggris musim depan, liga inggris live, jadwal bola liga inggris di tv, Sejarah Hari Ini (9 Februari): Manusia 1 Juta Pertama
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page