Liga Spanyol Sejarah Hari Ini (9 Juli): Rekor Transfer Zinedine Zidane

Discussion in 'Bola' started by Bola, Jul 9, 2015.

Discuss Sejarah Hari Ini (9 Juli): Rekor Transfer Zinedine Zidane in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,952
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    "Seorang putra dari imigran Aljazair, yang memimpin Prancis merengkuh Piala Dunia 1998 dan Euro 2000, resmi menjadi pemain paling mahal di dunia.”

    Demikian The New York Times menulis kalimat pembuka untuk memberitakan transfer Zinedine Zidane dari Juventus ke raksasa Spanyol, Real Madrid. Ya, kepindahan yang terjadi pada 9 Juli 2001 tersebut merupakan rekor tertinggi dalam sejarah transfer sepakbola saat itu.

    Madrid harus mengucurkan dana sebesar 150 juta lira Italia untuk bisa memboyong Zidane ke Santiago Bernabeu. Jika dikonversi ke mata uang lain -- seiring lira Italia sudah tidak digunakan lagi saat ini -- biaya transfer Zidane tersebut bakal setara dengan €75 juta atau £46,6 juta atau Rp1 triliun.

    Transfer Zidane ini terbilang tidak mengejutkan mengingat presiden Florentino Perez ketika itu memang sedang membangun proyek Galacticos jilid pertama. Setahun sebelum Zidane berstatus sebagai pemain termahal, Madrid juga memecahkan rekor transfer ketika mendatangkan Luis Figo dari rival abadi Barcelona dengan biaya €62 juta (£37 juta).

    [​IMG]

    Perez mengakui bahwa transfer Zidane ini adalah impian yang sudah ia dambakan sejak lama. "Saya harus menunggu dengan sabar. Setelah lima tahun ia di Juventus, saya merasa inilah saat yang tepat untuk bergerak menggaetnya,” ujar sang supremo ketika memperkenalkan Zizou yang dikontrak empat tahun.

    Saat ditransfer ke ibu kota Spanyol, Zidane sudah berusia 29 tahun. Namun hal tersebut tidak mencegah Zidane untuk tetap mengeluarkan daya magisnya. Di tahun 2002, ketika Madrid merayakan usianya yang ke-100 tahun, Zidane memberikan kado ulang terindah berkat sepakan voli spektakuler kaki kirinya ke gawang Bayer Leverkusen: trofi Liga Champions kesembilan.

    Sedangkan bagi Juventus, penjualan Zidane ini menjadi salah satu kesuksesan terbesar Luciano Moggi selaku guru transfer Bianconeri. Zidane bergabung ke Turin dari Bordeaux pada 1996 dengan biaya sangat murah, sekitar €3,5 juta, namun berhasil melipatgandakan harganya hingga 20 kali. Uang dari penjualan Zidane lantas dibelanjakan untuk memboyong pemain seperti Pavel Nedved, Lilian Thuram, dan Gianluigi Buffon. Juventus pun masih bisa perkasa tanpa playmaker Prancis itu.

    Rekor transfer ini bertahan selama delapan tahun sebelum Madrid kembali membuat gebrakan dengan memboyong Cristiano Ronaldo (€94 juta) dari Manchester United. Saat ini, rekor transfer termahal juga masih dipegang Los Blancos lewat transfer Gareth Bale senilai €100 juta dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2013.


    [​IMG]
    addResponsivePlayer('1npuindfld5oh1e7x5h7dugosz', '', '', 'perf1npuindfld5oh1e7x5h7dugosz', 'eplayer40', {age:1433390612221});

    liga spanyol table, klasemen, seri b, malam ini, terkini, divisi 2, Sejarah Hari Ini (9 Juli): Rekor Transfer Zinedine Zidane
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page