Snowden Bukan Satu-Satunya Pembocor Rahasia AS

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Aug 7, 2014.

Discuss Snowden Bukan Satu-Satunya Pembocor Rahasia AS in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Pemerintah Amerika Serikat menyimpulkan bahwa terdapat pembocor dokumen negara terbaru, setelah pembocor rahasia, mantan agen NSA, Edward Snowden. Bukti bahwa terdapat pembocor dokumen selain Snowden adalah dokumen terbaru yang dibeberkan oleh Glenn Greenwald melalui lama The Intercept pada Selasa lalu.

    Dikutip dari CNN Rabu (06/08), Pada artikel tersebut membahas mengenai perkembangan data yang diketahui atau dicurigai sebagai tersangka pelaku terorisme pemerintahan Barack Obama. Artikel tersebut mengutip dokumen yang dimiliki oleh lembaga National Counterterrorism Center bertanggal Agustus 2013. Tanggal tersebut adalah tanggal setelah Edward Snowden meninggalkan Amerika Serikat setelah menghadapi tuntutan hukum.

    Hal tersebut mengindikasikan bahwa data yang didapatkan oleh Greenwald bukan data yang didapatkan dari Snowden, melainkan terdapat orang lain yang membocorkan data tersebut. Greenwald sendiri mengatakan bahwa terdapat pembocor dokumen lainnya. Pada Juli lalu melalui akun Twitter pribadinya, Greenwald mengatakan bahwa jelas pada poin ini terdapat pembocor lainnya.

    Pada Februari lalu, saat melakukan diwawancarai oleh CNN, Greenwald mengatakan: Saya yakin bahwa ada orang yang terinspirasi dengan keberanian Edward Snowden. Saya tidak memiliki keraguan akan ada sumber lain di dalam pemerintah yang melakukan hal ekstrim yang diinspirasi oleh Edward Snowden, kata Greenwald.

    Belum dapat dipastikan berapa banyak dokumen yang telah dibocorkan oleh oknum ini dan berapa besar dampak yang ditimbulkan. Sejauh ini, dokumen yang dibocorkan berlabel Secret dan NOFORN yang berarti tidak bisa dibagi dengan lembaga asing lain. Namun data yang dibongkar hanya sedikit jika dibandingkan dengan dokumen yang dibocorkan oleh Snowden. Pemerintah mengatakan bahwa Snowden telah mencuri 1,7 juta dokumen, beberapa diantaranya berlabel Top Secret yang merupakan bernilai rahasia paling penting.

    Menanggapi hal ini, pemerintah Amerika Serikat telah melakukan investigasi untuk mencari tahu siapa orang yang membocorkan rahasia pemerintah.

    Selama ini penyimpanan data pemerintah Amerika Serikat yang memiliki level Secret dilakukan di sistem komputer yang dioperasikan oleh Pentagon. Sistem ini dinamakan SIPRNet, yang digunakan oleh lembaga-lembaga di Amerika Serikat untuk mengklasifikasikan data. SIPRNet merupakan salah satu sistem yang pernah mengalami pembobolan data yang dilakukan oleh mantan tentara, Chelsea Manning.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page