SpaceX dan masa depan perkembangan roket luar angkasa

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 22, 2015.

Discuss SpaceX dan masa depan perkembangan roket luar angkasa in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    SpaceX, perusahaan manufaktur aerospace & layanan transportasi ke luar angkasa besutan Elon Musk baru saja sukses meluncurkan roket mereka Falcon 9. Bagi kamu yg kurang familier dengan Elon, dia adalah mantan pendiri PayPal yg sekarang menjadi pendiri dari mobil elektrik Tesla Motor & SpaceX.

    Sebelumnya pada bulan Juni lalu, Falcon 9 gagal sampai ke luar angkasa karena terdapat ledakan di bagian mesin saat meluncur menuju ruang angkasa. Enam bulan kemudian, Falcon 9 sukses meluncur ke luar angkasa & bahkan berhasil mendarat kembali di bumi. Berikut adalah video saat Falcon 9 mendarat kembali ke Bumi.



    Sedikit informasi tentang roket tersebut. Falcon 9 merupakan roket dua-tahap yg didesain & dikembangkan langsung oleh SpaceX dengan misi menjadi layanan transportasi yg aman ke satelit-satelit luar angkasa & mengorbitkan pesawat luar angkasa.
    [​IMG]9 Mesin peluncur roket ke luar angkasa

    Roket dua-tahap yg dimaksud merujuk pada tahap peluncuran roket tersebut. Tahap pertama adalah meluncurkan roket tersebut ke luar angkasa menggunakan 9 mesin roket khusus yg berada di bawah. Kemudian tahap kedua adalah meluncurkan bagian ujung dari roket yg merupakan pesawat ruang angkasa menuju orbit-orbit yg dituju.
    [​IMG]Pesawat luar angkasa yg akan meluncur ke orbit-orbit yg dituju

    Mengingat Falcon 9 telah didesain khusus, bagian utama dari roket yg kembali ke bumi masih bisa dikendalikan hingga mendarat dengan selamat di tanah. Falcon 9 juga digadang-gadang sebagai roket pertama yg berhasil meluncur ke ruang angkasa & mendaratkan roket tersebut kembali ke bumi.

    Biaya yg dibutuhkan untuk meluncurkan sebuah roket memang sangat-sangat mahal. Tapi SpaceX dengan Falcon 9 berhasil menurunkan biaya yg biasa digunakan untuk meluncurkan sebuah roket. Sebagai perbandingan Falcon 9 menghabiskan biaya sekitar $61 juta (sekitar Rp835 miliar). Sedangkan roket-roket biasa yg pernah diluncurkan sebelumnya rata-rata menghabiskan $1,5 miliar (sekitar Rp1,8 triliun) untuk sekali peluncuran.

    Bagaimanapun Elon mengungkapkan tidak akan menggunakan ulang roket tersebut, karena Falcon 9 sangat unik & menjadi roket pertama yg sukses meluncur & mendarat kembali ke bumi.

    Baca juga: Kumpulan Perusahaan Pembuat Drone yg Perlu Kamu Ketahui(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page