Startup Weekend Jakarta 2015

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 14, 2015.

Discuss Startup Weekend Jakarta 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    (Keterangan foto: Iswara Gozali – Managing Organizer Startup Weekend Jakarta (kiri), Aryo Ariotedjo – Host (tengah), & Natasha Liew – Volunteer (kanan))

    Dunia startup di Indonesia saat ini tengah berkembang dengan pesat. Menurut Aryo Ariotedjo, Managing Partner dari Grupara Inc., Indonesia butuh lebih banyak startup untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah yg ada

    “Namun, layaknya belajar mengemudi, ada baiknya kalau kita mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat startup, sebelum terjun ke dunia startup yg sesungguhnya,” ujar Aryo kepada Tech in Asia.

    Itulah alasan mengapa Aryo memutuskan untuk membuat Startup Weekend Jakarta selama tiga hari, mulai dari tanggal 11 Desember hingga 13 Desember 2015. Dalam acara ini, yg diadakan di Freeware Spaces, Jakarta Selatan, sebanyak 120 peserta yg melakukan registrasi dibagi menjadi beberapa tim.

    Di akhir acara, para peserta, yg 30 persen di antaranya merupakan orang-orang teknis yg mempunyai latar belakang pemrograman, diharuskan membuat sebuah startup. Sebelumnya, Aryo juga pernah membuat acara serupa di tahun 2013.
    Baca juga: Setelah Jakarta & Bali, Kini Giliran Bandung Mengadakan Startup Weekend
    Membuat startup dalam 54 jam
    [​IMG]

    Di hari pertama Startup Weekend Jakarta, peserta harus mengajukan ide-ide startup yg mereka miliki. Dari 50 ide startup yg diajukan, akhirnya dipilih 20 ide yg akan dilanjutkan ke tahap pengembangan. Peserta kemudian diberi kebebasan untuk membantu pengembangan ide-ide yg sudah terpilih & membentuk tim yg berisi empat sampai enam orang.

    Barulah di hari kedua, setiap tim diharapkan untuk bisa menyusun ide startup mereka agar menjadi lebih jelas & rapi. Hal ini penting agar mereka bisa menjelaskan ide mereka kepada para mentor dengan baik. Di saat yg sama, mereka pun harus mulai membangun versi MVP (Minimum Viable Product) dari startup yg mereka bangun agar bisa dipresentasikan di hari berikutnya.

    Hari ketiga merupakan saat untuk menyelesaikan produk bagi seluruh tim. Mereka juga harus mulai membuat slide presentasi & bersiap untuk sesi pitching pada akhir hari. Aryo bersama Stefan Jung (Managing Partner Venturra Capital), Steven Vanada (Vice President CyberAgent Ventures), & Tim Marbach (CEO Asia Ventures Group), menjadi juri dalam sesi pitching tersebut.
    Startup Weekend bukanlah sebuah kontes
    [​IMG]

    Proses pengembangan startup dalam waktu terbatas yg diadakan oleh Startup Weekend Jakarta, biasa dikenal dengan istilah hackathon. Namun berbeda dengan acara hackathon yg lain, Startup Weekend Jakarta bukanlah sebuah kontes yg fokus pada pemilihan startup terbaik.

    “Penjurian yg dilakukan bukan untuk sekadar memilih pemenang, tapi lebih untuk mengarahkan peserta akan apa yg harus mereka lakukan setelah event ini berakhir,” ujar Aryo.

    Startup Weekend diharapkan bisa menjadi ajang di mana para peserta bisa berkenalan dengan orang-orang lain yg juga punya minat dalam dunia startup. Salah satu peserta Startup Weekend yg kemudian menjadi Founder startup sukses adalah Joseph Aditya, CEO dari Ralali.

    Joseph merupakan peserta Startup Weekend yg diadakan Aryo bersama Grupara Inc. pada tahun 2013. Joseph bahkan merekrut beberapa kenalan yg ia dapat dari acara Startup Weekend untuk bergabung dengannya di Ralali.

    Walaupun menetapkan biaya bagi para peserta yg ingin mengikuti Startup Weekend Jakarta, Aryo mengatakan kalau ia tidak mengambil keuntungan apapun dalam acara ini. Seluruh uang yg didapat digunakan untuk menyediakan fasilitas, seperti lokasi & konsumsi seluruh peserta.
    Kesempatan spesial bertemu para mentor[​IMG]Fajar Budiprasetyo (CTO HappyFresh) sedang memberikan mentoring kepada salah satu tim.

    Selain mendapat banyak kenalan, keuntungan lain mengikuti Startup Weekend adalah kesempatan untuk bertemu dengan para mentor yg merupakan tokoh-tokoh penting di dunia startup.

    Benjamin Koellmann (COO HappyFresh), Cynthia Chaerunissa (Marketing Manager Uber), & Andreas Ehn (eks CTO Spotify) merupakan beberapa nama terkenal yg menjadi mentor dalam Startup Weekend Jakarta kali ini. Mereka akan langsung bertemu dengan masing-masing tim yg membutuhkan bantuan, & memberikan masukan demi pengembangan startup mereka.

    “Banyak orang yg menganggap kalau ide startup yg mereka miliki sudah sempurna. Namun, setelah bertemu dengan para expert ini, bisa jadi mereka akan berpikir sebaliknya,” ujar Aryo tentang kehadiran para mentor di acara kali ini.

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah & Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page