Storial.co, Platform Menulis Buku Digital

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 3, 2015.

Discuss Storial.co, Platform Menulis Buku Digital in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Bila dulu untuk menerbitkan buku memerlukan proses yg cukup panjang & tidak mudah, berkat teknologi semua bisa menjadi lebih mudah. Layanan Storial.co, sebuah platform online story sharing yang didirikan oleh Steve Wirawan (CEO), Sofia Lu (CTO), Brilliant Yotenega & Aulia Halimatussadiah (CEO Nulisbuku) mencoba membuat proses penerbitan buku menjadi lebih praktis.

    Startup yg baru berdiri pada 1 November 2015 lalu ini memungkinkan pengguna untuk menuliskan buku, novel, ataupun cerita mereka sendiri yg dapat dibagi menjadi bab per bab & dapat dibaca oleh semua orang secara online.

    Storial dibuat dengan tujuan untuk menyediakan platform bagi siapapun yg ingin jadi penulis yg pada akhirnya diharapkan dapat memajukan dunia literatur Indonesia dengan munculnya penulis-penulis berkualitas, ungkap CEO Storial.co, Steve Wirawan kepada Tech in Asia.

    Meski baru diluncurkan, Steve mengklaim saat ini pengguna aktif yg bergabung dengan Storial.co jumlahnya hampir 1.500 orang dengan mayoritas kaum muda.
    Ajak penulis tetap produktif
    Pada proses penerbitan umumnya, sebuah buku harus selesai 100 persen sebelum pembaca bisa menikmati buku tersebut. Efeknya, rilisnya sebuah buku akan semakin lama, & penulis juga membutuhkan waktu yg lebih lama untuk membuat sebuah karya.
    Lewat fitur andalan Storial.co yg memungkinkan pengguna menulis buku secara bab per bab, karya seseorang bisa lebih cepat dinikmati. Kamu juga bisa berkomentar & dapat memberi rating bagi penulis.
    [​IMG]
    Fitur lain yg cukup menarik adalah co-write, sesuai namanya, pengguna bisa menulis buku bersama-sama. Selain itu, ada pula fitur share page, yg memungkinkan penulis membagikan tulisan mereka di media sosial.
    Storial.co juga mengintegrasikan elemen media sosial. Hal ini memungkinkan pengguna memberikan komentar / rating pada sebuah karya. Selain itu, bila suka dengan penulis tertentu, ada fitur mengikuti penulis, & ada notifikasi bila ada aktivitas antara pembaca & penulis di sana.
    Baca juga: Strategi Nulisbuku Bertahan Selama 4 tahun Sebagai Startup Self-Publishing
    Dorong masyarakat berani menjadi penulis
    Saat ini Storial.co belum melakukan monetisasi, Steve mengatakan, pihaknya kan melakukan monetisasi saat jumlahmember sudah mencapai target kita. Saat ini kita masih fokus pada mengumpulkan pengguna, jelasnya. Sayangnya Steve enggan mengungkap berapa target yg dimaksud.
    [​IMG]
    Nantinya Storial.co berencana untuk mengenakan biaya dari tiap bab yg sudah diterbitkan. Tiap-tiap penulis boleh menentukan harga sendiri, & kita juga akan berbagi royalti dengan mereka, ujarnya.

    Bicara mengenai target, Steve mengatakan bila Storial.co berharap bisa mendapatkan pengguna sebanyak 15.000 dalam setahun & 1.000.000 pengguna dalam lima tahun. Dengan angka tersebut, promosi platform adalah tantangan utama yg harus mereka hadapi. Lebih lanjut Steve menambahkan:

    Yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara mendorong generasi millenial untuk berani menjadi penulis, & lebih jauh lagi bisa membuat konten yg bagus.

    Untuk mencapai target tersebut, sejumlah strategi promosi dilakukan oleh Storial.co seperti mengadakanwriting challenge & campaign di media sosial. Startup lain yg juga menyediakan layanan serupa adalah Wattpad.

    Saat ini Storial.co juga tengah mengembangkan aplikasi mobile untuk plaform Android & iOS. Rencananya rilis awal tahun 2016, tandas Steve. Bagaimana, tertarik mencoba layanan ini & siap terkenal dengan karya tulisanmu?

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page