Ternyata Tongsis sudah Ada di Jepang sejak 1983

Discussion in 'Submitted Articles, Guides & Reviews' started by Lebowski, Apr 12, 2015.

Discuss Ternyata Tongsis sudah Ada di Jepang sejak 1983 in the Submitted Articles, Guides & Reviews area at Nyit-Nyit.Net

  1. Lebowski 2 SD Journalist

    Messages:
    342
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    44
    Game:
    Tidak Ada
    Region:
    Banyumas
    [​IMG]
    Ilustrasi selfie menggunakan tongsis

    Tongsis, tongkat narsis, bukanlah barang yang baru. Alat bantu berfoto selfie ini ternyata sudah ada sejak tahun 1983 di Jepang. Memang di tahun itu belum ada istilah tongsis, namun cikal-bakalnya sudah terlihat. Minolta, salah satu produsen kamera, pernah merilis seri kamera Disc 7 yang dilengkapi dengan tongkat (stick) pegangan. Tongkat tersebut berguna untuk mengambil gambar dari arah depan, seperti penggunaan tongsis pada smartphone sekarang ini.

    Dikutip dari IBN Live, aksi foto selfie sebenarnya telah populer sejak lama, meski istilah tersebut baru sekarang dikenal. Perilisan kamera seri Disc 7 dari Minolta adalah untuk menangkap kegemaran masyarakat tersebut. Bentuk tongkat (stick) juga mirip dengan tongsis masa kini, dengan tambahan kabel sebagai tombol shutter untuk mengambil gambar.

    [​IMG]
    Kamera seri Disc 7 dari Minolta beserta stick

    Tongsis hadir disebabkan semakin populernya foto diri. Kehadiran tongsis memudahkan pengguna smartphone mengambil gambarnya sendiri, tanpa bantuan orang lain. Di tahun 1995, satu dekade setelah rilisnya kamera Disc 7, tongsing masuk ke dalam buku UNuseles Japanese Invention (daftar penemuan yang dianggap kurang bermanfaat di Jepang).

    Nampaknya meskipun gaya foto selfie disukai banyak orang, namun penggunaan tongsis dianggap aneh oleh masyarakat. Sebelum smartphone populer, tongsis dipandang sebelah mata. Apalagi kamera saat masih menggunakan rol film, dimana tidak semudah kamera digital jaman sekarang dalam menghapus gambar.

    Penemu tongsis sendiri masih diperdebatkan, pasalnya pada tahun 2006, Wayne Fromm menciptakan alat bantu foto yang menyerupai tongsis. Di Indonesia Anindito Respati Giyardani membuat tongkat ajaib, yang berubah nama menjadi tongsis, dengan tujuan awal selfie dengan angle tinggi beberapa tahun yang lalu.

    Sumber Artikel http://tekno.liputan6.com/read/2211017/tongsis-ternyata-sudah-ada-sejak-1983

    Courtesy Images diambil dari http://tekno.liputan6.com/read/2211017/tongsis-ternyata-sudah-ada-sejak-1983
     
    Last edited by a moderator: Apr 12, 2015

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page