Terungkap! Borobudur Adalah Kalender Raksasa

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Jul 31, 2015.

Discuss Terungkap! Borobudur Adalah Kalender Raksasa in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,148
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]Di balik cerita legenda & kemegahannya, para ilmuwan astronomi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menemukan fakta menarik tentang Candi Borobudur. Stupa utama candi ini ternyata merupakan alat penanda waktu (gnomon), yg memanfaatkan bantuan sinar matahari. Fakta ini makin memperjelas, bahwa sejak dulu nenek moyang orang Indonesia telah mengenal & sudah menggunakan ilmu astronomi dalam kehidupan sehari-hari.

    Endang Soegiartini, Dosen Astronomi ITB, yg dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, mengungkapkan, “Kalau kita berdiri di atas puncak stupa lalu melihat ke arah pintu timur pada 21 Maret & 21 September, kita melihat matahari muncul melewati pintu itu. Di luar (tanggal) itu matahari tergeser sedikit ke arah utara / selatan. Sampai akhirnya bergeser 23,5 derajat ke utara / selatan. Itu kalau dari khatulistiwa. Kemudian posisi Borobudur itu kan 7 derajat Lintang Selatan. Itu dikoreksi dengan letak stupa-stupa itu.” kata Endang seperti yg dikutip dari liputan6.com

    Lebih jauh Endang menjelaskan, jumlah stupa di Candi Borobudur pun melambangkan ilmu astronomi. Bentuk Candi Borobudur seperti kotak yg memiliki 4 sisi, yg dikenal dengan bentuk mandala.

    Stupa Candi Borobudur berjumlah 4×365, ditambah satu stupa di puncak. Jumlah ini mewakili jumlah hari dalam setahun, & satu hari tambahan setiap empat tahun sekali (tahun kabisat). Jadi Candi Borobudur itu adalah kalender raksasa, kata Endang, yg menjadi Tim Akademis dalam ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015.

    Selain itu, dari puncak stupa Candi Borobudur bisa terlihat bintang Polaris. Menurut penjelasan Endang, bintang ini tidak pernah tenggelam sehingga bisa digunakan sebagai petunjuk arah. Namun, seiring kondisi langit & udara yg sudah tidak jernih, bintang Polaris makin sulit ditemukan.

    Baca juga mengenai perbedaan antara punden berundak dengan piramid disini

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Terungkap! Borobudur Adalah Kalender Raksasa diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Terungkap! Borobudur Adalah Kalender Raksasa.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page