Tip Mahasiswa yang Tidak Bisa Coding

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 25, 2016.

Discuss Tip Mahasiswa yang Tidak Bisa Coding in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pemrograman / biasa disebut coding, & banyak mahasiswa menyebut ngoding merupakan suatu keahlian yg membuat sebagian mahasiswa/i SI & TI mengalami dilema jika tidak menguasainya. Dari pengamatan saya, kebanyakan mereka yg merasakan dilema ini adalah mahasiswi. Entah alasan apa yg membuat mereka sulit memiliki keahlian pemrograman, ini seperti kutukan turun-temurun untuk para mahasiswi SI/TI.

    Kurangnya kemampuan ini membuat mereka akhirnya mengeluh & tidak sedikit yg merasa putus asa. Mereka selalu membandingkan dirinya dengan mahasiswa/i lain yg menguasai pemrograman. Namun tidak sedikit juga yg melupakan kekurangan ini & move on mencari hal baru yg bisa dia lakukan.

    Dulu teman saya pernah bertanya bagaimana cara agar dia bisa ikut bergabung / mencoba mendirikan startup teknologi, sedangkan mereka tidak bisa ngoding. Dulu pertanyaan itu memang membuat saya bingung, namun perlahan hingga saat ini saya memahami sebenarnya banyak hal selain ngoding yg bisa kamu lakukan. Seperti hal-hal di bawah ini.
    1. Berkenalan dengan sebanyak mungkin orang
    Membangun jaringan merupakan faktor sangat penting dalam kariermu. Buatlah dirimu menjadi mudah diajak bicara & jangan pernah kamu menutup diri dari orang lain. Kamu bisa berkenalan dengan orang penting di berbagai acara seperti seminar, workshop, lomba, & acara lainnya yg biasa diselenggarakan oleh startup / komunitas teknologi.

    Seperti yg pernah dikatakan Keith Ferrazzi seorang pendiri sekaligus CEO Ferrazi Greenlight dalam bukunya yg berjudul Never Eat Alone: And Other Secrets to Success, One Relationship at a Time Bahwa pemenang sesungguhnya adalah orang-orang yg punya karier cemerlang, hubungan hangat, & karisma yg tak terhentikan.
    Baca juga: Review Buku Never Eat Alone: Pentingnya Membangun Jaringan dari Bangku Kuliah

    Sedikit tip dari saya buat kamu yg merasa kesulitan memulai hubungan. Bagi saya awalnya berkenalan adalah hal yg sangat sulit & banyak sekali pertanyaan dalam pikiran saya Bagaimana saya memulainya yah? apakah saya harus berkenalan dengannya?

    Terkadang rasa tidak percaya diri sempat terlintas membuat saya berdiam diri saja. Semua pertanyaan itu saya jawab dengan memikirkan hal yg saya miliki agar saya tidak merasa sangat kosong. Mulai berjalan mendekatinya & mengambil kesempatan di saat yg tepat untuk berkenalan.

    Setelah kamu membangun hubungan. Kamu bisa merasakan bahwa dia adalah temanmu, & dia juga merasa kamu temannya. Manfaat yg luar biasa akan terasa ketika kamu berkesempatan untuk membantunya & dibantu olehnya.
    2. Berani terjun memulai bisnis
    Mulailah bisnis selagi di bangku kuliah. Banyak sekali entrepreneur muda yg mulai mencoba berbisnis di saat kuliah bahkan ada yg bisnisnya bertahan & semakin membesar setelah mereka lulus.
    [​IMG]
    Teman-teman di kampus saya banyak yg memulai bisnisnya seperti menjual sepatu, busana muslim, pernak-pernik fashion, katering, & bahkan ada yg memiliki toko handphone sendiri. Dan terlihat mereka sangat senang karena mereka mengerjakan yg mereka sukai, ketimbang memaksakan diri untuk belajar ngoding.

    Salah satu keuntungan memulai bisnis ketika kuliah adalah kalian begitu dekat dengan calon pelanggan & kalian memiliki banyak waktu dalam menangani pelanggan. Selain itu kamu akan memahami aktivitas operasional dalam berbisnis, kamu akan mengerti bagaimana mengatur finansial bisnismu, kamu akan bisa sedikit-sedikit menganalisis pasar.
    3. Mengikuti tren teknologi terbaru
    Industri teknologi selalu berubah dengan cepat. Jika kamu ingin mencoba membangun startup, maka kamu harus melihat lingkungan sekitar. Teknologi apa yg sedang ramai digunakan. Jika kamu mencoba membuat startup dengan aplikasi yg berjalan pada perangkat Blackberry saya rasa kamu akan kesulitan berkembang karena teknologi itu sudah usang.
    4. Belajar berinteraksi dengan bahasa Inggris
    Ini merupakan poin yg sangat penting saat ini, apalagi kita sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Nantinya semua orang yg tinggal di kawasan ini bebas melakukan jual beli / bekerja di negara tetangga yg termasuk kedalam wilayah ASEAN.

    Di lingkungan startup, besar kemungkinan kamu pasti akan bertemu dengan orang asing. Jika kamu kesulitan dalam berinteraksi dengannya, itu akan membuatnya tidak nyaman & pada akhirnya usahamu untuk memulai hubungan akan sulit.
    Baca Juga : 4 Aplikasi Gratis untuk Belajar Bahasa Baru

    Masih banyak hal yg bisa dilakukan daripada mengeluh karena ketidakmampuan dalam ngoding. Kamu bisa memilih untuk menjadikan programming sebagai kariermu / tidak, karena kebanyakan dari entrepereneur adalah mereka yg mengikuti passion mereka. Jika programming bukanlah passion kamu, maka carilah & kerjakan.

    Youve got to find what you love. The only way to do great work is to love what you do. -Steve Jobs

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber Gambar Pexels)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page