Ummar, aplikasi platform bisnis syariah

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 17, 2015.

Discuss Ummar, aplikasi platform bisnis syariah in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Sebagai salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia, Indonesia tentunya juga memiliki banyak lini bisnis yg mementingkan syariat Islam. Namun sayangnya jaringan bisnis tersebut nampak belum banyak diketahui karena sulitnya melacak lokasi. Untuk mencoba memecahkan masalah ini, aplikasi Ummar hadir.

    Berdasarkan data dari AppAnnie, aplikasi ini tersedia untuk platform Android & telah beroperasi sejak 12 Oktober 2015. Hingga artikel ini ditulis, aplikasi Ummar yg merupakan singkatan dari Ummah Market telah mendapat sekitar 1.000 unduhan.
    Fitur lokasi jadi andalan
    [​IMG]

    Menurut penggagas aplikasi ini, Putra Fajar, ia mengatakan bahwa ada beberapa faktor dari lahirnya ide ini. Pertama, maraknya pelaku bisnis yg sudah mulai mencoba menerapkan nilai-nilai Islam dalam bisnisnya, meski revolusi bisnis seperti itu tidaklah mudah. Di samping itu, Putra juga prihatin dengan fakta bahwa peraup untung dari aktivitas belanja Muslim dunia, masih didominasi negara-negara di Eropa.

    Ditambah lagi, belakangan ini sektor aplikasi mobile di tanah air sedang menggeliat hebat, tetapi yg mengusung konsep seperti Ummar belum ada.
    Meski memangku label market pada aplikasinya, Ummar bukan layanan berbasis e-commerce. Fitur utama dari aplikasi ini adalah locator layaknya Foursquare yg menggunakan ekstensi peta di dalamnya.

    Untuk mengakses aplikasi ini, pengguna diharuskan login terlebih dahulu dengan alamat e-mail yg didaftarkan. Kemudian pengguna akan langsung diarahkan ke laman utama Home. Panel kategori terletak di sebelah kiri dengan pilihan News, Hot Offers, Nearby, & Add New Business.

    Di laman News, pengguna dapat mengakses berbagai berita yg terkait dengan bisnis berbasis syariah di dalam negeri & juga seminar seputar hal-hal syariah yg akan berlangsung dalam waktu dekat. Lalu ada fitur Hot Offers, memberikan informasi promosi yg berlangsung dari para pelaku bisnis yg terdaftar.

    [​IMG]

    Sementara di laman Nearby, menggunakan integrasi fitur peta untuk menandai lokasi gerai bisnis berbasis syariah di lokasi terdekat. Dari aplikasi terlihat sudah terdapat sekitar 100 titik bisnis syariah yg dapat terlacak di daerah Jabodetabek. Jenis layanan dari bisnis tersebut beragam, mulai dari pakaian, properti, kuliner halal, hingga pengobatan.

    Pengguna juga dapat menikmati promo yg sedang berlangsung di gerai yg bekerja sama melalui laman Hot Offers. Namun sayangnya karena aplikasi ini belum lama diluncurkan, promo yg ditawarkan masih sangat terbatas.

    Sedangkan di laman Add New Business ditujukan bagi pedagang yg ingin memamerkan dagangannya. Uniknya, setelah mengisi kolom kategori bisnis, pengguna akan diarahkan pada serangkaian pertanyaan seputar hukum jual-beli di dalam Islam. Cara ini dinilai juga untuk mendidik pengguna dalam pengetahuan jual-beli yg halal di dalam Islam.

    Baca juga: Strategi yg Tepat untuk Memenangkan Pasar Muslim di Indonesia

    Tim Ummar menyebut bahwa pengunduh aplikasi sebagian adalah pedangang yg berjumlah sekitar 200 orang. Tahun depan, tim Ummar tak cuma menargetkan juga menghadirkan aplikasi di platform iOS, tetapi juga ingin menjaring hingga 1.000 pedagang & 100.000 pembeli.

    Persaingan aplikasi mobile commerce di dalam negeri memang lebih banyak dimanfaatkan untuk e-commerce & marketplace, seperti BukaLapak & StyleFeed.

    Di ranah aplikasi yg menjaring ekosistem UKM & bisnis offline lainnya, Ummar akan bersaing dengan LokaMedia yg menghimpun berbagai kategori ritel offline di dalam negeri.

    Coba aplikasinya melalui:
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Ummar Elipsis Digital Teknologi - Oct 25, 2015 Genre: Business Size: 3.2M Installs: 500 - 1,000 Gratis Download [​IMG]
    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page