Review Xiaomi Mi 4i, Ponsel Hebat yang Tak Cocok Buat Gamer

Discussion in 'Submitted Articles, Guides & Reviews' started by Lebowski, Jun 26, 2015.

Discuss Xiaomi Mi 4i, Ponsel Hebat yang Tak Cocok Buat Gamer in the Submitted Articles, Guides & Reviews area at Nyit-Nyit.Net

  1. Lebowski 2 SD Journalist

    Messages:
    342
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    44
    Game:
    Tidak Ada
    Region:
    Banyumas
    [​IMG]

    Tanpa slot micro SD membuat Xiaomi Mi 4i, Ponsel Hebat yang Tak Cocok Buat Gamer.

    Xiaomi Mi 4i, smartphone anyar besutan vendor Tiongkok ini akhirnya masuk ke Indonesia, setelah diluncurkan di India pada akhir mei lalu. Ponsel pintar ini digadang-gadang bakal menjadi saingan Asus Zenfone 2, apalagi spesifikasi dan harganya tak jauh berbeda. Meski memiliki kelebihan segambreng, ternyata ponsel pintar ini kurang direkomendasikan untuk gamer. Ada kelemahan fatal yang tak bisa ditolerir bagi gamer hardcore.

    Desain Sederhana

    [​IMG]

    Desain tipis dan minimalis jadi andalan.

    Ponsel pintar dari Xiomi ini tampil tipis, ketebalannya hanya 7,8 mm atau seukuran colokan (port)USB. Meski tipis, tersedia 2 slot SIM card yang mendukung jaringan 4G LTE 1.800 MHz dan 2.300 MHz. Untuk Indonesia, jaringan 4G LTE ini baru hadir pada akhir tahun nanti. Meski mendukung 4G, slot micro SD tidak tersedia di Mi 4i. “Banyaknya micro SD dikhawatirkan mengurangi kinerja ponsel ini,” kata Hugo Barra,Vice President Xiaomi International.

    Kamera Berfitur Apik

    [​IMG]

    Jadi fotografer dadakan dengan fitur kamera manualnya.

    Resolusi kamera Xiaomi Mi 4i, baik kamera primer maupun ’selfie’ sama dengan Asus Zenfon 2, 13 MP dan 5 MP. Fitur kamera manual juga sama, dimana pengguna dapat mengatur ISO, Exposure, Focus dan White Balance sesuai kebutuhan. Fitur multitasking dan beautification merupakan pembeda diantara keduanya.

    [​IMG]

    Hasil jepretan kamera Mi4i, smartphone anyar dari Xiaomi

    Fitur multitasking Xiaomi Mi 4i membuat pengguna dapat merekam sekaligus mengambil gambar pada saat bersamaan. Fitur beautification-nya dapat memperhalus wajah, berbeda dengan Asus Zenfon 2 yang mampu memutihkan kulit.

    Layar Tajam Full HD

    [​IMG]

    Resolusi FUll HD pastikan tampilan tajam dan jernih.

    Xiomi Mi 4i mengusung konsep One Glass Solution (OGS) yang menyatukan LCD, panel sentuh dan pelapis. Untuk layarnya, ponsel pintar pabrikan Tiongkok ini telah dilengkapi resolusi Full HD 1080p. Kerapatan pixel yang mencapai 441ppi, memastikan tampilan warna layarnya tajam. Bahkan Xiaomi mengklaim, jika batasan warna pada layar NSTC-nya, lebih tinggi 23% dibanding Iphone 6. Berbeda dengan vendor lain, Xiaomi tidak menggunakan Corning Gorilla Glass sebagai pelapis. Meski demikian, kaca pelapisnya kuat dan tahan dari goresan.

    User Inteface MIU 6

    [​IMG]

    Blokir nomor telepon yang tidak diinginkan.

    Antarmuka smartphone ini menggunakan MIU 6 dengan operating system Lollipop 5.0.2. Tampilan yang dihadirkan minimalis, dengan jarak antar icon yang cukup lebar. Warna tema bisa disesuaikan keinginan, dengan 3 kalibrasi warna yang tersedia yaitu warm (agak kekuningan), standar, cold (agak kebiruan).

    MUI juga menawarkan kenyamanan berkomunikasi, dengan kemampuan memindai, mengindentifikasi dan memblokir nomor telepon yang tidak diinginkan. Tersedia berbagai gestur untuk menunjang kenyamanan pengguna, seperti one stand hand, zoom in dan zoom out di halaman apapun. Sayangnya, fitur gestur yang tersedia kurang masih responsif. Tak sedikit orang yang mengeluhkan hal tersebut.

    Spesifikasi dan Peforma

    [​IMG]

    Hasil tes Antutu Mi4i cukup meyakinkan mengenai kinerja ponsel ini.

    Untuk mendukung kinerjanya, Mi4i dibekali chip 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 Octa Core (empat inti 1.7 GHz & empat inti 1.1 GHz) plus RAM 2 GB. Ruang penyimpanan yang tersedia sebesar 16 GB, tanpa opsi penambahan karena ketiadaan slot micro SD. Hal ini merupakan kelemahan tersbesar ponsel pintar pabrikan Tiongkok tersebut. Apalagi memory 16 GB itu mesti dipotong untuk sistem dan aplikasi bawaan MUI 6.

    Smartphone tidak disarankan untuk gamer hardcore, mengingat game-game android sekarang memiliki ukuran yang lumayan besar. Xiaomi sebenarnya mencoba menebus kekurangan ini, dengan menggratiskan ‘penyimpanan awan’ MiCloud sebesar 10 GB. Namun, untuk menggunakannya pengguna membutuhkan koneksi internet yang mumpuni.

    Untuk baterai, Mi4i hanya dibekali baterai standar berukuran 3120 Mah, dengan waktu isi ulang sekitar 2 jam. Secara keseluruhan, Mi4i dapat bertahan seharian jika hanya membuka aplikasi standar, namun bisa lebih boros jika membuka musik atau permainan.

    Sumber Artikel http://tekno.kompas.com/read/2015/0...Xiaomi.Mi4i.Ponsel.Juara.Minus.MicroSD?page=1

    Courtesy Images diambil dari http://tekno.kompas.com/
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page